Pasar Properti Solo Jogja

  • Telepon
  • +62271-724811
  • Griya Solopos,
  • Jl. Adisucipto no 190, Solo

Pertumbuhan Sektor Properti Diprediksi Terus Melambat

Pertumbuhan Sektor Properti Diprediksi Terus Melambat
oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 18 April 2020

Griay190.com, JAKARTA—Konsultan properti memprediksi perlambatan pasar subsektor apartemen berlanjut pada kuartal II/2020.

Hal ini karena masih mewabahnya Covid-19 yang berdampak terhadap permintaan. Coldwell Banker Indonesia mencatat selama kuartal I/2020 penjualan apartemen di DKI Jakarta terjun bebas hingga mencapai 70%. Sementara di Surabaya mencapai 60% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Associate Director Coldwell Banker Commercial, Dani Indra Bhatara, memprediksi kondisi ini berlanjut pada kuartal kedua seiring belum surutnya kasus corona di Tanah Air.

“Jika kondisi ini berlanjut, makin banyak bisnis yang menurun yang akan berakibat ke daya beli konsumen ke properti. Hal ini akan membuat [pasar apartemen] kuartal kedua akan lebih turun dibandingkan dengan kuartal pertama,” ujarnya pada Bisnis, Kamis (16/4/2020).

Dani mengatakan turunnya kinerja pasar apartemen pada kuartal pertama lantaran beberapa pengembang juga memutuskan tidak melakukan peluncuran yang sedianya sudah dipersiapkan pada awal tahun.

Alhasil, katanya, hal itu membuat tidak adanya kenaikan yang berarti di pasar apartemen pada awal kuartal pertama tahun ini. “Saat ini peningkatan penjualan apartemen juga didorong oleh masuknya produk baru dengan harga dan konsep yang menarik. Umumnya cukup diminati oleh investor,” kata dia.

Peluang Investasi

Sementara bila melihat prediksi pemerintah terkait kondisi ekonomi, pada kuartal IV/2020 diharapkan sudah terdapat peningkatan pertumbuhan ekonomi dan secara perlahan ada pemulihan di berbagai sektor.

Pemulihan juga berdampak pada investor yang diharapkan dapat melihat peluang investasi di sektor properti masih menjanjikan jika dibandingkan dengan bidang lain.

“Dengan demikian, sektor properti khususnya yang memiliki pasar domestik dan langsung ke konsumen seperti rumah dan apartemen, dapat lebih dahulu terkena efek yang positif, dan dapat perlahan meningkatkan penjualannya,” ujar dia.

Segmen konsumen yang menunda pembelian properti termasuk apartemen pada saat kondisi seperti ini diharapkan sudah dapat kembali melakukan transaksi secara normal pada kuartal IV/2020.

Berita Terkini Lainnya

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Instagram menjadi media paling populer di dunia. Desainer asal Amerika Ryan Korban salah satunya…

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190,JAKARTA—Wacana pemerintah menerapkan kenormalan baru untuk bangkit di tengah pandemi diharapkan membawa angin segar bagi…

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 22 Mei 2020

Griya190.com,JAKARTA–Punya dana tapi belum tahu akan digunakan untuk apa? Beli saja rumah seken karena sejumlah…

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

oleh Ivan Indrakesuma Selasa, 12 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Mimpi untuk mendapatkan properti atau rumah bakal kian mudah terwujud. Pengajuan kredit pemilikan rumah…

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

oleh Ivan Indrakesuma Senin, 11 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Pembiayaan perumahan dengan menggunakan skema kredit pemilikan rumah masih menjadi pilihan mayoritas para pencari…