Pasar Properti Solo Jogja

  • Telepon
  • +62271-724811
  • Griya Solopos,
  • Jl. Adisucipto no 190, Solo

Ingin Beli Rumah Subsidi, Coba Aplikasi SiKasep

Ingin Beli Rumah Subsidi, Coba Aplikasi SiKasep
oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 8 Mei 2020

Griya190.com–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mendorong masyarakat tetap mencari hunian lewat aplikasi SiKasep.

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin, mengatakan proses bisnis penyaluran rumah subsidi pada bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tetap dapat dilakukan. Masyarakat bisa dengan mudah melakukannya kendati harus berada di rumah.

“Meskipun saat ini tengah pembatasan kontak sosial dan fisik secara langsung, masyarakat tetap dapat dengan mudah mencari rumah subisidi. Lalu memilih bank pelaksana penyalur subisidi, dan mengajukan prosesnya ke pemerintah hanya dengan smartphone. Kapan pun dari tempat tinggalnya saat ini,” ungkapnya melalui siaran pers, seperti diberitakan Bisnis.com, Senin (4/5/2020).

Caranya mudah. Unduh dan pasang aplikasi SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) pada ponsel. Masyarakat sudah dapat menjelajah rumah subsidi yang tersebar di Indonesia. Setelah itu tinggal menentukan sesuai dengan domisilinya saat ini.

Berdasarkan data management control PPDPP, hingga 4 April 2020 sudah terdapat 8.782 lokasi perumahan dari 5.987 pengembang yang berasal dari 19 asosiasi perumahan tercantum pada aplikasi SiKasep.

PPDPP juga mencatat saat ini masyarakat yang telah menggunakan aplikasi SiKasep mencapai 170.782 pengguna terdaftar sebagai calon debitur. Dari jumlah tersebut, 55.702 pengguna di antaranya dinyatakan lolos subsidi checking dan 54.266 pengguna sedang dalam tahap verifikasi oleh bank pelaksana.

“Data tersebut tiap harinya terus bertambah seiring dengan tingginya antusiasme terhadap masyarakat dalam mencari rumah,” imbuhnya.

Selain mencari rumah yang diinginkannya, masyarakat juga dapat memilih bank pelaksana sekaligus secara leluasa. Tahun ini pemerintah bekerja sama dan menyediakan 37 bank pelaksana. Terdiri atas 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD), baik konvensional maupun syariah.

Per 4 Mei 2020, pemerintah mencatat penyaluran FLPP telah mencapai sebesar Rp4,36 triliun untuk 43.282 unit rumah. Total penyaluran FLPP sejak tahun 2010 hingga per 4 Mei 2020 adalah sebesar Rp48,73 Triliun untuk 698.884 unit rumah.

“Melalui FLPP, diharapkan MBR dapat membeli rumah pertamanya,” lanjut Arief.

Program FLPP saat ini unggul lantaran dapat memberikan pengaruh positif bagi perbankan dalam melakukan penurunan suku bunga. Melalui FLPP, angsuran yang dibebankan kepada MBR berupa suku bunga tetap dalam jangka waktu yang panjang hingga 20 tahun.

Berita Terkini Lainnya

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Instagram menjadi media paling populer di dunia. Desainer asal Amerika Ryan Korban salah satunya…

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190,JAKARTA—Wacana pemerintah menerapkan kenormalan baru untuk bangkit di tengah pandemi diharapkan membawa angin segar bagi…

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 22 Mei 2020

Griya190.com,JAKARTA–Punya dana tapi belum tahu akan digunakan untuk apa? Beli saja rumah seken karena sejumlah…

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

oleh Ivan Indrakesuma Selasa, 12 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Mimpi untuk mendapatkan properti atau rumah bakal kian mudah terwujud. Pengajuan kredit pemilikan rumah…

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

oleh Ivan Indrakesuma Senin, 11 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Pembiayaan perumahan dengan menggunakan skema kredit pemilikan rumah masih menjadi pilihan mayoritas para pencari…