TRIK PROPERTI: Desain Interior untuk Autism

JAKARTA—Desain Interior Diana Nazir berbagi tips mengenai desain interior khusus pemilihan warna dinding bagi penderita keterbelakangan mental atau autism. Hal ini disampaikan Diana dalam talkshow yang digelar AkzoNobel di Ballroom 3 Sheraton Gandaria City, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Pemilik perusahaan desain interior PT Artura Inasanindo ini mejelaskan jika yang perlu diperhatikan untuk ruangan yang cocok bagi autism adalah menghindari warna-warna yang memiliki kontras besar.

Menurut Diana, warna kontras tidak cocok dengan penderita autism. Untuk itu, perempuan kelahiran 27 september 1966 ini menyarankan untuk memilih konsep monochrome atau satu warna saja.

Jika ingin membuat variasi warna, maka menggunakan kombinasi warna sedikit saja, dan jangan kontras. “Kalau ingin kombinasi warna, sedikit saja dan jangan pilih warna yang kontras,” jelasnya.

Selain warna yang kontras, yang perlu diperhatikan dalam pemilihan warna adalah pencahayaan. Karena kadar pencahayaan dalam suatu ruangan juga dapat memberikan efek terhadap warna.

Tak hanya itu, jenis bunyi-bunyian dalam frekuensi tertntu juga bisa mempengaruhi warna. Jadi dalam memilih warna, juga harus memperhatikan pencahayaan dan efek yang ditimbulkan. “Memang ini sedikit kompleks, butuh pendalaman lebih jauh lagi,“ tutupnya. (bisnis.com)

Komentar ditutup.