Tips Desain Untuk Ruang Terbatas Di Apartemen

Dua remaja putri baru saja pulang dari luar negeri. Selama ini kedua bersaudara itu tinggal dan menetap di luar negeri. Sementara ke dua orang tuanya tinggal di salah satu apartemen di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Kali ini, dua perempuan bersaudara itu akan tinggal cukup lama di Indonesia, sementara kondisi apartemen yang biasa ditempati kedua orang tuanya tidaklah terlalu luas.

Dikarenakan ketambahan dua penghuni, maka ruangan apartemen yang ada harus dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat dijadikan kamar tidur mereka berdua. Cerita ini disampaikan oleh Nadia Pramudita.

Mengingat ruangannya terbatas, maka salah satu solusi yang paling tepat dan bisa diaplikasikan adalah dengan desain compact atau ringkas.

Compact adalah cara pengaturan suatu objek yang menjadikan padat dan membutuhkan ruang relatif kecil atau ringkas.

Ringkas berarti berhubungan dengan kepadatan dan volume yang kecil atau small. Jadi, konsep ringkas ini tidak berhubungan langsung dengan anggaran yang murah.

“Solusi yang tepat adalah dengan desain go vertical. Jadi apabila dalam satu ruangan kecil akan ditiduri dua orang, sebaiknya menggunakan bed vertikal alias bertingkat atas bawah,” tutur Nadia Pramudita, Desainer Interior General Object, Jakarta.

Di bawah kasur dibuatkan laci-laci, dan disamping tempat tidur dibuatkan tangga naik seperti rumah biasa dan bisa juga dibuatkan laci di antara undakan tersebut.

“Laci-laci yang dibawah kasur bisa digunakan untuk menyimpan seprei, atau bantal, atau selimut. Sementara laci yang di tangga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa barang2 pribadi lainnya, seperti sepatu, atau pernak-pernik lainnya,” ujarnya.

Adapun untuk di daerah dinding, penggunaan rak dinding sangat dianjurkan demi memaksimalkan ruangan.

“Untuk rak buku juga memberikan tempat penyimpanan terbuka untuk tempat barang-barang yang dapat diraih dengan mudah, seperti kacamata, kunci, dan lainnya,” tutur Nadia.

Sementara itu pemilihan warna cat dinding juga akan mempengaruhi kesan luas kamar yang aslinya sempit. Misalkan warna pastel putih, terutama untuk furniture utama.(bisnis.com)

Komentar ditutup.