TIPS DESAIN PROPERTI: Begini Cara Menyiasati Ruang Sempit

Hunian sederhana dengan lahan yang terbatas membutuhkan ide-ide yang cermat agar dapat tampil elegan dan modern. Salah satu yang penting diperhatikan yakni pemilihan furnitur.
Profesional Interior Design Dina Hartadi menuturkan untuk menampilkan kesan yang lebih luas pada sebuah ruang harus menerapkan beberapa trik.
Pertama, dapat dilakukan dengan pemilihan ukuran furnitur yang tepat. Dina menyarankan untuk ruangan yang sempit ada baiknya menghindari furnitur dengan ukuran besar. Jika pun ada penambahan mebeler maka sebaiknya dengan desain custom.
Mix and Match dapat dilakukan pada sofa dengan tampilan simpel dan ringan sehingga dapat menjadi alternatif agar ruangan tidak sempit. Dia menyarankan agar penghuni rumah sebaiknya tidak terpaku pada pemilihan sofa yang seragam. Mix and Match Sofa dapat dilakukan asal memiliki desain yang simpel dan ringan dan memberikan aksen yang bagus dalam sebuah ruang.
Kedua, keberadaan tempat penyimpanan pada sofa juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalkan penggunaan ruang. Mantan Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Jakarta ini mengatakan storage atau ruang penyimpan dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesan ruangan lebih luas. Ruang penyimpanan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan pernak pernik kecil yang biasa dipajang pada ruang tamu.
Ketiga, cara lain untuk mencipatakan kesan luas pada ruangan yakni dengan menghilangkan sekat yang ada pada ruangan tersebut. Tanpa sekat maka ruangan tampil lebih luas. Sebab, sekat ini yang justru membuat pandangan mata terbatas, sehingga menciptakan kesan sempit. Selain itu, Direktur PT Asri Desindo Intiwidya ini menyarankan agar penghuni rumah memilih cat dengan warna terang untuk dindingnya. Warna terang ini akan memberkan kesan lebih luas. Cat sebaiknya dipilih dengan warna yang terang. Jangan gelap, sarannya. (bisnis.com)

Komentar ditutup.