Pasar Properti Solo Jogja

  • Telepon
  • +62271-724811
  • Griya Solopos,
  • Jl. Adisucipto no 190, Solo

Mimpi Mewujudkan Kota Masa Depan

Mimpi Mewujudkan Kota Masa Depan
oleh Ivan Indrakesuma Senin, 6 Juli 2020

Griya190.com, JAKARTA – Kota masa depan menjadi impian baru. Hal itu dilatarbelakangi pembangunan kota yang belum sepenuhnya memperhatikan aspek livability atau terjamin daya hidupnya.

Ketua Majelis Kode Etik Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), Bernardus Djonoputro, mengatakan hal terpenting bagi pembangunan kota adalah memastikan aspek livability. Kota-kota di Indonesia dinilai perlu diregenerasi dan direvitalisasi.

Harapannya, ke depan bisa lebih berkelanjutan dan lebih nyaman ditinggali. Lalu, seperti apa sih kota masa depan yang ideal? Berdasarkan survei yang dilakukan IAP pada 2019, 40 persen responden mengatakan kota-kota di Indonesia belum nyaman untuk ditinggali.

Beberapa faktor yang membebani antara lain berkaitan dengan kualitas transportasi, polusi, ketersediaan air, dan bersih. “Ini memperlihatkan pada kita bahwa menuju kota yang livable masih panjang,” katanya dalam webinar, seperti diberitakan Bisnis Indonesia, Rabu (1/7/2020).

Bernardus menyebutkan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan kota masa depan. Yaitu bagaimana pembangunan hunian bisa lebih hijau dan berkelanjutan, serta bagaimana industri-industri penting bisa terus berjalan meskipun dihadapkan dengan masa sulit.

Faktor selanjutnya adalah bagaimana perkotaan bisa menjaga keanekaragaman hayatinya. Selanjutnya, terkait dengan regulasi, bagaimana pemerintah bisa membuat kebijakan dan perencanaan yang tepat, Indonesia-sentris melihat banyaknya pulau, lokasinya yang berada di “Cincin Api”, membangun infrastruktur yang terintegrasi, dan membuat kebijakan urbanisasi yang tepat.

Penerapan Smart City

Selain itu, perlu juga dibentuk sistem kebijakan yang memberdayakan dan mendorong peran pemerintah kota dan daerah. Serta adanya perencanaan menggunakan aspek teknologi atau dengan penerapan smart city.

“Teknologi ini bukan berarti harus ada aplikasi atau hardware yang digunakan, melainkan bagaimana teknologi berupa inovasi ini bisa digunakan untuk mempermudah bidang pertanian, jualan barang, atau kebutuhan-kebutuhan urban lain dengan cepat dan seefisien mungkin,” jelasnya.

Dia tidak menampik bahwa infrastruktur tetap penting, terutama di bidang transportasi cepat yang mumpuni. Semuanya dibutuhkan untuk mewujudkan kota masa depan yang mampu memberi daya dukung terhadap kehidupan.

“Sistem ini baru ada di Jakarta, seperti MRT, itu pun belum tersebar. Jadi, masuk era new normal nanti perlu diperhatikan bagaimana pergerakan masyarakat ke tempat kerja bisa lebih efisien. Atau quick fix-nya melakukan perubahan pola berkendara dari kendaraan pribadi ke sepeda atau jalan kaki,” katanya.

Menurutnya, perubahan tersebut memang akan sangat berat bagi Indonesia, ditambah dengan kemampuan fiskal daerah yang sangat terbatas. “Saya kira ini harus menjadi perhatian terutama pemerintah pusat, bagaimana bisa menginovasi pembiayaannya,” ungkapnya.

Bernardus menyebutkan beberapa kota sudah mulai mempunyai studi kelayakan untuk turut membangun transportasi massal cepat. Tapi sering kali terhenti ketika biayanya tidak mencukupi.

Berita Terkini Lainnya

Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Warna Hitam Putih

Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Warna Hitam Putih

oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 7 Agustus 2020

Griya190.com, SOLO—Warna monochrome memang selalu menjadi pilihan utama bagi para penghuni rumah. Untuk urusan desain…

Ini Kekurangan dan Kelebihan Bahan Material Wood Plastic Composite (WPC)

Ini Kekurangan dan Kelebihan Bahan Material Wood Plastic Composite (WPC)

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 29 Juli 2020

Griya190.com, SOLO–WPC merupakan kepanjangan dari wood plastic composite atau dalam Bahasa Indonesia komposit kayu plastik….

Ternyata Ini Standar Hotel hingga Layak Dikategorikan Bintang 5

Ternyata Ini Standar Hotel hingga Layak Dikategorikan Bintang 5

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 29 Juli 2020

Griya190.com, SOLO–Jika Anda ingin bepergian dan memutuskan untuk menetap beberapa hari, hotel menjadi pertimbangan untuk…

Begini Rasa Optimistis Pengembang di Saat Pandemi

Begini Rasa Optimistis Pengembang di Saat Pandemi

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 29 Juli 2020

Griya190.com, JAKARTA — Pengembang tetap percaya diri memasarkan produk dan optimistis permintaan tetap tinggi pada…

Ini 5 Masalah di Kamar Mandi dan Cara Menghindarinya

Ini 5 Masalah di Kamar Mandi dan Cara Menghindarinya

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 29 Juli 2020

Griya190.com, SOLO–Kamar mandi merupakan area yang sering digunakan di rumah. Sebagai area yang sering terkena…