Pasar Properti Solo Jogja

  • Telepon
  • +62271-724811
  • Griya Solopos,
  • Jl. Adisucipto no 190, Solo

DPR Heran Pemerintah Tolak Subsidi Rumah

DPR Heran Pemerintah Tolak Subsidi Rumah
oleh Griya Rabu, 8 Mei 2013

130410_rumah tapakBISNIS.COM, JAKARTA–Ketua Pansus DPR untuk RUU Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Yoseph Umarhadi mempertanyakan sikap pemerintah yang hingga kini menolak memberikan subsidi Rp1 triliun untuk rumah rakyat miskin.

Padahal, menurut anggota Komisi V DPR dari Fraksi FPDIP tersebut, dana yang dibutuhkan untuk mengatasi sekitar 15 juta rakyat miskin dan berpenghasilan rendah mencapai Rp10 triliun. Semua pihak harus mendukung Tapera sebab kalau tidak, tuturnya, rakyat miskin tak mungkin memiliki rumah.

“DPR mempertanyakan sikap pemerintah yang menolak subsidi dana untuk perumahan rakyat miskin Rp 1 triliun per tahun, padahal yang dibutuhkan sekitar Rp10 triliun. Itu pun hanya untuk pembelian tanah, agar 15 juta rakyat miskin itu memiliki rumah,” ujar Yossep dalam diskusi bertema RUU Tapera  Rumah Untuk Rakyat bersama Presiden Konfederasi SPSI  Andi Gani Nua Wea dan  Ketua FSPSI-RTMM, Nur Rahmat di Gedung DPR, Selasa (7/5/2013).

Selama ini, ujar Yoseph, pemerintah sudah menganggarkan Rp7 triliun per tahun melalui Kemenpera dan disimpan di beberapa bank seperti BTN, BRI, BNI dan lain-lain. Menurutnya, subsidi dari pemerintah untuk pembelian tanah karena harga tanah terus mengalami peningkatan.

Dia mengatakan yang mesti disediakan saat membuat rumah pertama adalah tanah, kemudian menyusul yang lain. “Itu wajib agar rakyat memimiliki rumah. Kalau tidak wajib, maka selamanya tak akan ada yang peduli pada perumahan rakyat miskin,”  katanya.

Menurut Yosseph, berbicara kesejahteraan rakyat mesti didahului dengan ketersediaan rumah, sebelum menyinggung masalah pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Sebab, rumah itu kebutuhan dasar manusia. Nantinya, Tapera akan kerjasama dengan asuransi, perbankan, dan berbagai pihak untuk menyukseskan rumah rakyat ini.

Tags:

Berita Terkini Lainnya

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

Pengembang Properti Maksimalkan Instagram untuk Kenalkan dan Pamerkan Produk

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Instagram menjadi media paling populer di dunia. Desainer asal Amerika Ryan Korban salah satunya…

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

Kenormalan Baru, Angin Segar Bagi Bisnis Properti

oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 30 Mei 2020

Griya190,JAKARTA—Wacana pemerintah menerapkan kenormalan baru untuk bangkit di tengah pandemi diharapkan membawa angin segar bagi…

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

Punya Modal? Beli Saja Rumah Seken

oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 22 Mei 2020

Griya190.com,JAKARTA–Punya dana tapi belum tahu akan digunakan untuk apa? Beli saja rumah seken karena sejumlah…

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

KPR Berubah, Begini Persyaratannya

oleh Ivan Indrakesuma Selasa, 12 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Mimpi untuk mendapatkan properti atau rumah bakal kian mudah terwujud. Pengajuan kredit pemilikan rumah…

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

Ingin Ambil KPR, Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini

oleh Ivan Indrakesuma Senin, 11 Mei 2020

Griya190.com, JAKARTA–Pembiayaan perumahan dengan menggunakan skema kredit pemilikan rumah masih menjadi pilihan mayoritas para pencari…