Pasar Properti Solo Jogja

  • Telepon
  • +62271-724811
  • Griya Solopos,
  • Jl. Adisucipto no 190, Solo

Covid-19 Mewabah, Agen Properti Ubah Strategi Pemasaran

Covid-19 Mewabah, Agen Properti Ubah Strategi Pemasaran
oleh Ivan Indrakesuma Sabtu, 21 Maret 2020

Griya190.com, JAKARTA–Wabah Covid-19 membawa dampak bagi perekonomian masyarakat. Pasar properti pun tak luput dari dampak mewabahnya virus mematikan ini. Oleh karena itu, agen properti harus mengubah strategi untuk memacu penjualan di tengah pandemi global Covid-19 yang melanda Indonesia.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Nurul Yaqin mengatakan di tengah kondisi saat ini, para agen properti diyakini memiliki strategi tersendiri dalam memacu penjualannya.

“Ini kan memang peringatan tinggi. Tapi properti itu punya karakteristik, mereka yang bisa membaca peluang,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (18/3/2020).

Presiden Direktur Benhokk Property itu mengakui masih ada peluang di tengah kondisi tertekan saat ini mengingat permintaan besar kemungkinan berasal dari under market value atau di bawah nilai pasar.

Nurul meyakini ada diskon besar dari pada penjual properti khususnya di pasar sekunder alias properti bekas seperti rumah, apartemen dan ruko. Menurutnya, para investor kemungkinan menjual aset propertinya untuk konsolidasi guna menutupi kebutuhan prioritasnya.

Dengan demikian, dia percaya daya beli pasar masih akan tetap ada meskipun tengah dihadapkan pada tantangan yang berat. Dia juga menyebut kondisi pasar ini dengan istilah ‘virus kepanikan’.

Namun, bagaimanapun kondisinya, dia menyatakan agen properti harus tetap bisa meyakinkan konsumen tentang situasi kepanikan pasar saat ini sehingga penjualan dapat terus dipacu.

“Sekarang ini memang kuenya sangat kecil, tetapi tetap masih ada, supply-nya banyak. Tinggal bagaimana agen ini harus berbicara pada loyalis custumer-nya. Orang yang bisa diajak diskusi, ditransfer keyakinan, membuka wawasan, kemudian mengambil suatu risiko bersama-sama secara terukur. Mestinya ini strategi satu-satunya dalam kondisi saat ini,” katanya.

Layanan Digital

Di sisi lain, Nurul memahami konsumen membatalkan kunjungan ke lokasi proyek lantaran khawatir terhadap penuluran virus corona yang berujung pada batalnya transaksi properti. Hanya, tren kunjungan proyek bisa dikurangi oleh agen properti mengingat saat ini pemasaran juga telah bergeser ke layanan digital.

Tren mengunjungi lokasi proyek juga menurutnya sudah minim dilakukan di tengah maraknya saluran pemasaran digital oleh setiap perusahaan broker properti. Konsumen juga sudah memiliki banyak opsi selain mengunjungi lokasi proyek salah satunya adalah melalui perantara seperti perbankan.

“Ini juga jadi rujukan konsumen untuk meyakinkan bahwa proyek ini layak atau tidak termasuk soal legalistasnya dan kredibilitas pengembangnya,” jelasnya.

Selain itu, Nurul mengungkapkan konsumen juga memiliki opsi melalui konsultan properti. Akan tetapi, konsultan biasanya jadi pilihan oleh konsumen yang profilnya tinggi. Sebaliknya, agen yang biasanya digunakan oleh kalangan kelas menengah dapat memaksimalkan peluang.

Berita Terkini Lainnya

Ingin Rehab Properti? Simak Cara Berikut

Ingin Rehab Properti? Simak Cara Berikut

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 3 Februari 2021

Griya190.com, SOLO – Jika investor membeli properti yang tertekan, salah satu jalan keluarnya yakni melakukan…

Pemerintah Wajibkan Penggunaan Produk Lokal, Begini Tanggapan Pengembang

Pemerintah Wajibkan Penggunaan Produk Lokal, Begini Tanggapan Pengembang

oleh Ivan Indrakesuma Rabu, 27 Januari 2021

Griya190.com, SOLO – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mewajibkan para pengembang menggunakan produk…

10 Tips Terbaik Untuk Menaikkan Nilai Jual Rumah

10 Tips Terbaik Untuk Menaikkan Nilai Jual Rumah

oleh Ivan Indrakesuma Kamis, 21 Januari 2021

Griya190.com, SOLO – Jika kamu sudah berniat menjual rumah pada waktu dekat, maka kamu perlu…

Pulihkan Sektor Perumahan, Pemerintah Terpaksa Lakukan Ini

Pulihkan Sektor Perumahan, Pemerintah Terpaksa Lakukan Ini

oleh Ivan Indrakesuma Jumat, 15 Januari 2021

Griya190.com, SOLO – Demi mendukung pemulihan sektor properti khususnya perumahan, pemerintah menggagas beberapa cara. Salah satu…

Begini Cara Terapkan Feng Shui DI Kamar Mandi

Begini Cara Terapkan Feng Shui DI Kamar Mandi

oleh Ivan Indrakesuma Selasa, 12 Januari 2021

Griya190.com, SOLO – Feng shui atau kepercayaan pengoptimalan energi positif dari unsur bumi, ternyata dapat…