TRIK PROPERTI: Tips Membeli Rumah Pertama untuk Pengantin Baru

Menemukan rumah tinggal ideal itu susah-susah gampang. Terlebih bagi keluarga muda yang hendak membeli rumah pertama. Hal ini lumrah dan dirasakan sebagian besar masyarakat.

Pasalnya, kita harus menyesuaikan kemampuan keuangan dengan nilai hunian yang dibeli, mengecek, dan memperhitungkan keuntungan, kerugian dan kebutuhan. Belum lagi pilihan pembayaran, kredit atau cash dan lain-lain.

Banyaknya pertimbangan tersebut tak jarang membuat orang bingung. Bila Anda salah satunya jangan khawatir dulu. Ada cara dan trik untuk mendapatkan rumah ideal. Khususnya bagi pengantin baru yang berencana membeli rumah pertama. Sebelum memutuskan, baiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini:

1.Pertimbangkan Kelengkapan Fasilitas
Pasangan muda yang baru saja menikah pad umumnya ialah pribadi yang super sibuk dengan aktivitas padat. Agar menunjang kesibukan tersebut, sebaiknya Anda dan pasangan mencari rumah atau apartemen tinggal dengan fasilitas lengkap. Misalnya seperti adanya fasilitas olahraga, kuliner, mudah transportasi, taman, dekat pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Fasilitas lengkap akan banyak membantu keseharian keluarga muda. Fasilitas tersebut tak hanya memenuhi kebutuhan, tapi juga menunjang gaya hidup kekinian. Selain itu, kelengkapan fasilitas juga terkait prestise dan kepuasan ketika memilikinya.

2.Rencanakan Hunian Berkembang
Bila hanya memikirkan kebutuhan saat ini, rumah yang diperlukan tentu hanya untuk berdua. Hal ini sering kali membuat pasangan muda tak masalah bila hunian yang dibeli hanya memiliki 1 kamar tidur. Namun, pemikiran ini hanya jangka pendek dan kurang tepat.

Bagaimanapun pasangan akan memiliki momongan, cepat atau lambat. Jadi perlu dipikirkan dengan seksama. Alangkah baiknya bila merencanakan hunian tinggal yang bisa dikembangkan.

Ini untuk mengantisipasi kebutuhan yang bertambah di masa mendatang. Contohnya rumah yang bisa ditambah ruang atau kamar tidur di dalamnya. Bila ingin lebih praktis, pilihlah rumah yang memiliki minimal 2 kamar tidur.

Dalam memilih dan membeli rumah, keluarga muda sangat disarankan mengincar rumah dengan konsep rumah tumbuh. Ini akan sangat menguntungkan di masa mendatang, seiring bertambahnya kebutuhan.

3.Faktor Lingkungan yang Nyaman dan Aman
Hunian yang ideal bukan hanya memiliki tampilan apik, tapi juga menjamin kenyamanan dan keamanan. Jadi, pastikan desain rumah tinggal menunjang semua prasayarat utama tersebut. Misalnya bangunan masih kokoh, sirkulasi udara yang baik, dan lain-lain.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ialah kondisi lingkungan sosial. Apakah lingkungan baik untuk ditinggali dan cocok bagi perkembangan anak-anak kelak? Ini penting dan berkaitan dengan rasa betah atau tidak untuk tinggal. Pilihlah hunian tinggal yang mampu menjawab kebutuhan di masa sekarang maupun masa depan nantinya.(bisnis.com)

Komentar ditutup.