TRIK PROPERTI: Sudah Penuhi Kriteria Ini? Berarti Anda Siap Ambil KPR

Citra buana

JAKARTA – Membeli hunian tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan tergesa-gesa. Membutuhkan pemikiran dan dana yang matang. Namun membeli hunian seringkali terhambat hanya karena ketakutan untuk tidak bisa membayar cicilan di kemudian hari.

Cicilan rumah akan terus ada sampai Anda melunasinya. Namun, keberanian lah yang membuat Anda berani membeli sebuah hunian. Jika Anda sudah memenuhi kriteria berikut ini, mengapa tak segera membeli satu hunian pertama Anda?

a. Bebas utang

Tidak memiliki utang adalah salah satu hal utama yang perlu Anda penuhi sebelum Anda mengajukan KPR. Anda perlu memastikan diri Anda bahwa keuangan Anda berjalan dengan sangat baik.

Hitung setiap pengeluaran bulanan Anda. Jika ingin mengambil KPR, pastikan Anda bisa mengeluarkan maksimal 30% biaya dari penghasilan bulanan Anda.

b. Sudah punya uang muka

Tak ada rumah tanpa pemberian uang muka. Angka 10%–20% dari harga rumah adalah angka yang wajib Anda penuhi jika ingin melakukan KPR. Pastikan Anda juga telah menyiapkan biaya-biaya tambahan yang bisa jadi jumlahnya setara dengan uang muka rumah Anda.

c. Ada dana cadangan

Tak hanya bisa memenuhi kriteria pengeluaran, namun Anda juga perlu memiliki tabungan yang berisikan dana cadangan. Pastikan dana tersebut memiliki nominal yang bertambah setiap bulannya. Ini akan membantu Anda mengatasi pengeluaran tak terduga setiap bulannya.

d. Kontrakan tidak mewakili kebutuhan

Pastikan Anda membutuhkan hunian yang memang mewakili kebutuhan Anda. Jika rumah sewa atau kontrakan Anda tidak mewakili kebutuhan Anda, mengapa harus berlama-lama ada disana, bukan? (bisnis.com)

Komentar ditutup.