TRIK PROPERTI: Ingin Punya Rumah pada Tahun Ini? Ikuti Tips Berikut

Memiliki hunian pribadi merupakan mimpi banyak orang di dunia. Apakah Anda salah satunya? Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan dilakukan. Tidak perlu ribet. Cukup lakukan 7 hal ini, maka impian Anda untuk segera punya rumah pun bisa jadi kenyataan.

Sisihkan Uang

Hal paling pertama untuk merealisasikan target memiliki rumah di tahun ini adalah menabung. Dengan cara ini, Anda dituntut untuk konsisten menyisihkan uang dengan nominal tertentu setiap bulannya.

Anda juga harus memiliki target waktu menabung untuk membeli rumah impian tersebut. Berikan jangka waktu tertentu, sehingga Anda dapat mengetahui berapa jumlah dana yang harus dikumpulkan.

Sesuaikan Keuangan

Setelah menyisihkan uang untuk ditabung, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah total dana yang berhasil terkumpul. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memilih jenis serta harga rumah yang sesuai dengan uang tabungan.

Hati-hati! Banyak orang yang kerap memaksakan diri untuk membeli rumah dengan harganya diluar kemampuan mereka. Alih-alih tinggal di rumah baru dengan nyaman, mereka pasti akan terus diburu bayang-bayang hutang.

Pilih Jenis Hunian

Menabung sudah, uang pun sudah siap. Langkah setelah itu adalah mempertimbangkan jenis rumah yang akan dibeli yaitu baru atau bekas.

Membeli rumah baru dengan desainnya yang serba modern tentunya lebih mahal dibandingkan rumah second berdesain lama. Namun, jika Anda membeli rumah bekas, tentunya ada beberapa biaya tambahan untuk keperluan perbaikan atau sekadar renovasi sederhana.

Jangan lupa, tanyakan pendapat seluruh anggota keluarga Anda sebelum memilih rumah idaman!

Tentukan Lokasi

Masih ada beberapa hal lain yang patut dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Misalnya, fasilitas di sekitar, lingkungan, dan tentunya lokasi dari rumah tersebut.

Lokasi merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhitungkan karena dapat memengaruhi pengeluaran Anda ke depannya. Rumah yang letaknya jauh dan jarang dilalui kendaraan umum tentunya akan membuat Anda dan keluarga harus mengeluarkan uang ekstra setiap harinya.

Sebaiknya pilihlah rumah yang lokasinya strategis, sehingga Anda tetap bisa berhemat dan juga tidak buang-buang waktu saat akan keluar rumah.

Tentukan Jenis Pembayaran

Saat ini, proses membeli rumah bisa dilakukan lebih mudah dengan bantuan kredit dari bank. Namun membeli rumah dengan cara tunai pun bisa Anda lakukan jika tabungan sudah mencukupi.

Baik kredit mau pun tunai memiliki nilai tambah masing-masing. Tentunya Anda tidak perlu memikirkan biaya cicilan rumah setiap bulannya. Namun, dengan cara pembayaran kredit, Anda yang masih memiliki keterbatasan biaya tentu akan sangat terbantu dalam mewujudkan mimpi punya rumah sendiri.

Pastikan Jumlah Cicilan

Jika memilih pembelian rumah dengan cara kredit, hal yang harus dijadikan perhatian adalah cicilan tiap bulannya. Jumlah besaran cicilan setiap rumah tentu memiliki perbedaan sesuai dengan harga dan tenor yang telah disepakati bersama.

Agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan ke depannya, Anda harus bisa menyesuaikan uang yang dibayarkan kepada pihak bank tidak lebih dari 30 persen dari penghasilan per bulan.

Ajukan KTA

Anda juga bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk memiliki rumah pada tahun ini. Cara ini adalah salah satu alternatif ketika Anda berniat untuk punya rumah dalam waktu dekat.

KTA sendiri memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman uang dengan bunga rendah, bahkan bisa tanpa jaminan. Namun, jika cicilan KTA dirasa memberatkan selagi Anda harus membayar cicilan kredit rumah, sebaiknya jangan ajukan ini.(bisnis.com)

Komentar ditutup.