TRIK PROPERTI: 3 Kunci Pilih Lokasi Rumah Strategis

JAKARTA – Mencari rumah di lokasi yang strategis merupakan salah satu tips yang sering disarankan bagi para pembeli rumah. Lokasi yang menjamin keamanan dan kenyamaan tinggal bagi penghuninya.

Pertanyaanya, seperti apakah itu lokasi yang strategis? Penjabaran strategis akan berbeda-beda atau bersifat subjektif. Untuk itu, sebaiknya Anda memperhatikan tiga hal berikut, agar tepat memilih lokasi rumah yang strategis, antara lain:

Lingkungan

Akses jalan menuju rumah dan kondisi lingkungan adalah faktor pertimbangan yang paling mendasar, saat melihat lokasi rumah strategis. Jika lingkungan tidak kondusif bisa memengaruhi kenyamanan dan psikologi penghuni rumah dalam jangka panjang.

Jadi pastikan kondisi jalan menuju rumah sudah baik dan mudah. Jalan depan rumah cukup lebar untuk dilalui kendaraan, dekat dengan transportasi umum, dan sebagainya. Perhitungkan aktivitas sehari-hari dan sesuaikan dengan kondisi lingkungan rumah yang hendak dibeli.

Sarana dan Prasarana

Lokasi yang strategis itu bersifat subjekif. Untuk itu tolak ukurnya bisa coba dilihat dari sarana dan prasarana yang ada. Contohnya, rumah dekat dengan sekolahan, pasar, rumah sakit, transportasi umum dan sebagainya.

Selain hal di atas, pertimbangkan juga fasilitas penunjang lainnya seperti adanya taman, arena olahraga, dan lain-lain. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan ini bisa berbeda-beda antar setiap orang, jadi perlu penyesuaian juga.

Air dan Listrik

Jangan bertindak gegabah dengan lupa memperhitungkan faktor air dan listrik, ketika membeli sebuah rumah. Keduanya merupakan bagian dari hajat hidup yang sangat penting. Tanpa keduanya, susah bagi seseorang untuk hidup nyaman dalam sebuah rumah.

Untuk itu, ketika melihat kondisi rumah jangan hanya tergiur dengan harga murah, desain rumah yang indah, dan bentuk fisik lainnya. Tapi cek dengan teliti juga bahwa saluran air dan daya listrik bisa terpenuhi secara optimal, serta tanpa gangguan. (bisnis.com)

Komentar ditutup.