TIPS INTERIOR: Rias Ruangan dengan Lampu Hias

rumah6

        JAKARTA- Ruangan yang nyaman dan baik harus ditunjang dengan perabotan yang sesuai dengan konsep dan fungsi ruangan. Selain itu yang terpenting dalam sebuah ruangan adalah pecahayaan. Ruangan yang gelap tidak akan berfungsi secara maksimal.

        Berbicara mengenai pencahayaan tentu tidak bisa dipisahkan dari lampu.Seiring berjalannya waktu lampu memiliki fungsi tidak hanya sebagai penerang tetapi sebagai hiasan juga. Aneka lampu hias juga mulai dikembangan para pengrajin furnitur. Mulai dari yang berkonsep klasik hingga modern bahkan berbahan dasar barang bekas sampai kristal yang mahal.

Selain itu memadukan lampu dan kaca dalam ruangan dapat menghasilkan pantulan penerangan ruangan yang sangat menawan. Interior dalam ruangan akan terlihat lebih hidup dari hasil pantulan tersebut.

Untuk memilih lampu hias sebuah ruangan yang terpenting adalah memadukan dengan perabotan lain agar tidak terkesan norak. Jika anda memiliki konsep ruang yang klasik pilihlah lampu dinding dengan corak bingkai yang menawan.

Kemudian jangan memadukan dengan cat atau dekor dinding yang ramai. Pilihlah warna-­warna klasik yang kuat seperti merah atau coklat keemasan untuk cat atau hiasan dinding. Jika tidak memiliki biaya yang lebih bisa juga dipadukan dengan lampu gantung kristal agar menambah kesan dramatis.

Namun jika anda memiliki konsep ruang minimalis jangan berlebihan memberikan lampu. Untuk ruang berkursi seperti ruang tamu dan meja makan cukup memberikan lampu gantung yang simpel.

Sedikit berbeda dengan desain minimalis untuk ruang tidur. Di ruang tidur tidak diperlukan lampu gantung yang terlalu mewah. Ruangan istirahat ini harus diberi penerangan sehangat mungkin guna melepas penat seharian setelah beraktifitas. Lampu dinding dengan warna-­warna kuning menjadi solusi yang baik penerangan ruangan ini.

Namun jika anda juga ingin berkreasi sendiri menghasilkan lampu hias untuk ruangan Anda mungkin salah satu bahan ini dapat membantu proses kreasi anda. Bahan dasarnya hanya stik es krim yang tentu banyak disekitar kita. Apalagi jika anda penggemar es yang berstik ini, setelah memakannya jangan buru­buru untuk membuangnya.

Selain bahan dasar bekas tersebut tentu dibutuhkan bahan penunjang lain untuk menghasilkan lampu yang bisa menyala dengan maksimal. Jangan lupa menyiapkan bohlam lampu serta kabel dan beberapa alat pendukung yang biasa digunakan yakni lem, gunting, dan penunjang lainnya.

Cara membuatnya, aplikasikan beberapa buah stik es krim anda dengan menumpuknya membentuk berbagai bentuk seperti kotak dan segitiga. Letakan bohlam lampu dalam ruangan dalam stik dan sambungkan dengan kabel.

Sangat mudah bukan? Selain itu lampu hias buatan sendiri ini memiliki beberapa kelebihan seperti lebih menghemat biaya pengeluaran anda dan bentuk disesuaikan dengan keinginan anda sendiri.

Namun jika anda masih ragu­-ragu untuk membuatnya sendiri. Jangan khawatir untuk tetap memiliki lampu berdesain unik tersebut. Berbagai pengrajin furniture biasanya juga tetap menawarkan pemesanan sesuai dengan desain yang kita inginkan.

Tapi tetaplah berhati­hati dalam memilih pengrajin furniture. Intinya tetap sesuaikan dengan anggaran biaya anda. Agar hasil lampu yang anda idamkan sesuai dengan pengeluaran yang anda keluarkan. (Bisnis.com)

Komentar ditutup.