Rumah Domus, Alternatif Rumah Subsidi

rumah domus

JAKARTA— PT Tata Logam Lestari, perusahaan material atap dan baja ringan, mengungkapkan permintaan cukup tinggi untuk produk inovasi rumah permanen instan, Domus, yang bisa diaplikasikan bagi rumah berskema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Monica, General Manager Produk Domus mengatakan permintaan Rumah Domus sebagai FLPP memperoleh dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lantaran pemerintah juga bersama-sama memperkenalkan inovasi baru dalam bidang perumahan. Kementerian PUPR, kata dia, telah menggandeng perusahaan untuk mengenalkan produk dan uji cobanya.

Dia menuturkan, saat ini perusahaan mendukung pembangunan rumah praktis di Kalimantan sebesar 1.000 unit, selain itu juga untuk bantuan Sinabung serta sedang memperkenalkan sistemnya di Sorong. Selain itu untuk realisasinya sendiri perusahaan telah membangun 200 unit rumah FLPP di daerah Sukabumi.

Meski demikian, sebagai produk baru, rumah domus masih kesulitan melakukan akad kredit dengan perbankan. Perusahaan pun masih memerlukan dukungan kementerian PUPR agar bisa difasilitasi oleh perbankan.

“Karena produk ini baru, perbankan juga tahunya proyek secara konvensional jadi kurang bisa menerima. Padahal kalau untuk proyek komersial sudah oke, dari beberapa konsumen bisa langsung akad ke bank. Kalau FLPP subsidi 5% banyak aturan karena bicara masalah konsruksi bank belum kenal produk ini,” katanya kepada Bisnis Kamis (3/5).

Rumah Domus merupakan produk terbaru perusahaan menggunakan rangka yang disebut kolom praktis dan baja ringan. Dengan kolom praktis ini jika dihubungkan dengan bata ringan sangat cepat, sehingga bisa mengurangi waktu tunggu seperti rumah konvensional. Dengan kolom praktis ini bangunan rumah juga terbangun dengan lurus karena semua rangka sudah terukur.

Selain itu Rumah Domus ini juga tahan gempa karena keberadaan kolom praktis tersebut dan rangka atap baja ringan. Walaupun menggunakan baja, kolom praktis ini tidak mudah korosi dan lebih tahan karat, sehingga rumah ini lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan rumah konvensional.

Dengan Sistem ini, masyarakat bisa membangun ruko, gudang, pabrik, sekolah, pasar dan berbagai banguunan lain dengan cepat, kuat dan aman. Dengan material utama yang digunakan adalah purlin dan praktis.

Purlin adalah profil baja galvanis dengan bentuk kanal C, mempunyai ukuran dan ketebalan tertentu. Berbahan baku baja Hiten G450 & Z18/Z22 yang lebih kuat dari CNP baja konvensional, memberikan jaminan keawetan dalam jangka panjang, baik untuk pemasangan outdoor maupun indoor. Purlin cocok untuk aplikasi bangunan sebagai gording maupun Girts (dudukan Cladding).

Sedangkan Praktis, berfungsi untuk membentuk kolom praktis pada bangunan yang tidak memerlukan perakitan besi beton, bekisting maupun pengecoran. Praktis berbahan baku galvanis sehingga dijamin tahan terhadap air adukan semen. (bisnis.com)

Komentar ditutup.