Perwajahan Hal Penting dalam Bisnis Properti

JAKARTA – Konsultan arsitektur Airmas Asri menyebutkan perwajahan bangunan menjadi aspek penting menarik perhatian pembeli, terutama apartemen.

Project Manager Airmas Asri untuk Synthesis Kemang Residence, Hilman Adi, mengatakan, konsep ini juga diterapkan dalam proyek Synthetis Kemang Residence yang dikembangkan oleh PT Synthesis Development.

Hilman mengatakan, untuk pengerjaan proyek itu, pihaknya telah melakukan survei dan analisa secara mendalam terkait lokasi proyek yang sangat ‘unik’ dan menantang. Salah satunya, lanjut dia, bagian depan lokasi yang langsung bersentuhan dengan jalan besar, namun di saat yang sama ada jalan lebih kecil di samping lokasi.

“Jadi bisa dibilang, proyek ini memiliki dua sisi perwajahan sekaligus, yaitu yang sifatnya public space dan secara bersamaan juga punya private area. Ini jelas menantang secara konsep arsitektur,” tambahnya.

Arsitek Airmas Asri, Gladisena Perantama, menjelaskan, dengan kondisi lokasi yang unik tersebut, pihaknya memisahkan konsep private yang diterapkan pada dua tower di belakang (Nakula dan Sadewa) dan konsep yang lebih public di towerpaling depan (Arjuna).

“Sedangkan untuk tema arsitektur yang dipilih, kami sepakat mengangkat Javanese Etnic untuk ‘mewarnai’ apartemen strata title yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar (ha) dengan total hunian 1.188 unit ini,” kata dia.

Pilihan tersebut, kata Sena, didasarkan pada perkembangan dunia arsitektur dalam 10 tahun terakhir yang memang lebih mengedepankan unsur lokal. Hal ini, lanjutnya, juga sesuai dengan suasana di Kemang yang sangat kental nuansa etnik, khususnya etnik Jawa bergaya Keraton Yogyakarta.

“Jadi ini perpaduan yang pas. Kalangan ekspatriat dan calon buyer lain secara keseluruhan sesuai analisa kami juga lebih menyukai unsur-unsur etnik lokal ketimbang nuansa Eropa dan Mediterania,” ungkap Sena.

“Meski pasar di bisnis apartemen saat ini cukup sengit, kami sangat yakin proyek apartemen ini memiliki keunggulan dan nilai lebih untuk dapat memenangkan persaingan,” pungkasnya.

Menurut Hilman, proyek yang tengah digarap pihaknya juga tersebar hingga ke mancanegara. Hal ini, lanjut dia, juga menjadi bukti lain akan kualitas yang dimiliki oleh Airmas Asri.

“Beberapa proyek kami lainnya ada di Oman, dan Malaysia. Kemudian, ada beberapa lagi yang lain. Bentuknya macam-macam, ada residensial, office, apartemen dan sebagainya. Namun, keahlian kami secara spesifik adalah bangunan high-risk,” tambahnya.(bisnis.com)

Komentar ditutup.