KIAT SUKSES: 8 Tips Ampuh Cegah Bisnis Bangkrut

JAKARTA – Pondasi sebuah bisnis haruslah dibangun dengan kuat agar bisnis dapat berjalan stabil. Namun membangun pondasi yang kuat perlu kerja keras terlebih lagi saat ditahun pertama bisnis dibuat.

Bagi bisnis yang tidak mempunyai pondasi yang kuat rentan tidak stabil atau malah bangkrut. Agar terhindar dari kondisi tersebut, berikut tips sederhana untuk mencegah usaha bangkrut:

1.Perencanaan usaha yang matang

Buatlah perencanaan usaha yang sudah benar-benar tepat bagi bisnis Anda. Hal tersebut akan menjadi pegangan dalam menjalankan usaha. Dengan perencanaan yang matang maka akan meminimalkan resiko dan dapat mempersiapkan tindakan saat terjadi situasi yang tidak diinginkan datang.

2.Menentukan usaha yang tepat dan sesuai dengan minat

Menjalankan bisnis sesuai dengan minat, membuat Anda merasa tidak terbebani dan membuat Anda bersemangat dalam menjalankan usaha Anda.

Memulai sebuah usaha dimana Anda tidak memiliki passion atau keahlian di bidang tersebut sebaiknya Anda hindari. Karena jika terjadi masalah, maka Anda akan kesulitan memecahkannya karena tidak menguasai bidang tersebut.

Inil akan mengancam kelangsungan bisnis Anda. Mulailah menjalankan usaha sesuai dengan bidang yang Anda kuasai.

3. Memulai dengan usaha yang beresiko kecil

Setiap bisnis dibidang apapun tentunya mempunyai risiko sendiri. Bagi Anda yang baru memulai usaha hendaknya cermat dalam memilih bisnis yang dijalankan. Sebaiknya memilih bisnis yang risikonya kecil agar terhindar dari kerugian yang besar.

4. Menjaga hubungan dengan konsumen

Memahami kebutuhan konsumen dalam hal kemampuan daya beli, produk yang diharapkan dan sebagainya adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen agar loyal pada produk Anda.

Di samping itu menjalin hubungan yang baik dengan konsumen akan membuat konsumen merasa diperhatikan dan dekat dengan Anda. Semakin banyak konsumen yang loyal semakin banyak pula konsumen baru yang datang sehingga kelangsungan usaha dapat terus terjaga.

5. Kerja keras dan ulet

Setelah menemukan jenis usaha yang sesuai dengan minat dengan risiko yang kecil, selanjutnya adalah menjalankan bisnis tersebut dengan kesungguhan hati, kerja keras, dan ulet agar bisnis dapat menjadi lebih baik.

6. Tidak boros

Mulailah bersikap hemat, cermat dan mandiri adalah sikap yang harus ditanam dalam diri Anda. Jika Anda masih sanggup mengelola sendiri usaha Anda, maka tidak perlu terburu-buru mencari pegawai.

Menahan diri terhadap hal yang akan melemahkan kondisi keuangan, seperti membeli barang hanya karena gengsi. Salah satu faktor terpenting dalam mengelola usaha baru adalah manajemen bisnis yang baik, terlebih keuangannya.

7. Tetap fokus

Fokus untuk meraih kesuksesan bisnis Anda. Jangan beralih ke bidang usaha lain jika usaha yang Anda kerjakan belum berhasil. Seseorang yang melakukan banyak bisnis hanya akan membuat ia tidak fokus sehingga bisnisnya menjadi berantakan.

8.Berdoa dan terus berusaha

Dalam menjalankan bisnis tentunya akan ada banyak rintangan didalamnya. Agar bisa mencapai titik kestabilan usaha dibutuhkan kerja keras, pantang menyerah, dan terus belajar. Dan sebagai bekal Anda untuk lebih kuat adalah dengan berdoa dan berserah diri kepada-NYA. Karena kesuksesan yang Anda raih tidak bisa diperoleh tanpa kehendak Yang Kuasa. (bisnis.com)

Komentar ditutup.