Ini 5 Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi di Ponsel

JAKARTA – Kaspersky Lab memperingatkan pengguna telepon selular (ponsel) agar waspada terhadap peretasan yang mengintai data pribadi.

Para ahli Kaspersky Lab menyarankan pengguna untuk melakukan tindakan berikut untuk melindungi perangkat dan data pribadi mereka dari serangan siber yang mungkin terjadi.

Pertama, jangan pernah root perangkat Android, karena ini akan membuka peluang yang tak terbatas bagi aplikasi berbahaya yang telah disusupi oleh malware.

Kedua, nonaktifkan kemampuan untuk mengunduh aplikasi dari sumber selain dari toko aplikasi resmi seperti AppStore atau Playstore, sebab selain toko resmi sebuah aplikasi tidak terjamin kualitas keamanannya.

Ketiga, selalu perbarui versi operasi sistem sebuah perangkat. Hal ini berguna untuk mengurangi kerentanan pada perangkat lunak dan mengurangi risiko serangan siber.

Keempat, mengunduh solusi keamanan yang telah terbukti untuk melindungi perangkat dari serangan siber.

Kelima, selalu lindungi perangkat dengan kata kunci, PIN atau sidik jari, sehingga penyerang tidak dapat mengakses perangkat secara manual.

Langkah ini dipastikan dapat melindungi smartphone dan tablet dari aplikasi dan situs berbahaya yang mengandung malware. Selain itu, memastikan privasi pengguna dari penyadapan ataupun pencurian oleh peretas. (bisnis.com)

Komentar ditutup.